Visi dan Misi

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Fakultas & Prodi Psikologi UNM

Visi Fakultas :

“Menjadi Fakultas yang tangguh, berorientasi pada pendidikan dan pengembangan Psikologi yang cinta damai, berjiwa wirausaha, dan bersikap profesional untuk kesejahteraan masyarakat.”

Visi Prodi :

Untuk merealisasikan visi Fakultas Psikologi UNM, maka Program Studi Psikologi UNM memiliki visi, yaitu:

“Menjadi Program Studi yang tangguh, berorientasi pada pendidikan dan pengembangan Psikologi yang cinta damai, berjiwa wirausaha, dan bersikap profesional untuk kesejahteraan masyarakat di tingkat nasional pada tahun 2025.”

Misi :

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi psikologi untuk menghasilkan lulusan yang cinta damai, berjiwa wirausaha dan bersikap professional.

2. Mengembangkan psikologi melalui riset dan publikasi ilmiah.

3. Memberikan layanan psikologi dalam mengembangkan sumber daya manusia berlandaskan kode etik psikologi Indonesia.

4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan :

1. Menghasilkan lulusan yang cinta damai, berjiwa wirausaha, dan bersikap profesional.

2. Menghasilkan publikasi hasil penelitian yang sesuai dengan etika penelitian.

3. Menerapkan produk hasil penelitian untuk pemecahan masalah psikologis yang terjadi pada individu, organisasi, dan masyarakat berlandaskan Kode Etik Psikologi Indonesia.

4. Menghasilkan jalinan kerja sama secara profesional dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun nonpemerintah, untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sasaran dan Strategi :

Menghasilkan lulusan yang cinta damai, berjiwa wirausaha dan bersikap profesional melalui :

1. Peningkatan mutu proses belajar mengajar
2. Pengembangan minat dan bakat mahasiswa
3. Peningkatan daya saing melalui kompetisi dalam program kreativitas mahasiswa
4. Penyempurnaan kurikulum
5. Pelaksanaan tracer study yang berkelanjutan
6. Meningkatkan kompetensi dosen dalam pembelajaran
7. Optimalisasi fungsi dan peran pembimbing akademik
8. Meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan
9. Peningkatan sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar mengajar
10. Penyusunan bahan ajar dan penunjang lainnya
11. Peningkatan layanan perpustakaan.

Menghasilkan publikasi hasil penelitian yang sesuai dengan etika penelitian melalui :

1. Optimalisasi peran serta mahasiswa dalam forum ilmiah tingkat lokal dan nasional
2. Tersusun payung penelitian
3. Peningkatan kemampuan metodologi penelitian
4. Optimalisasi peran serta dosen dalam forum ilmiah
5. Tingkat lokal, nasional, dan internasional

Menerapkan produk hasil penelitian untuk pemecahan masalah psikologis yang terjadi pada individu, organisasi, dan masyarakat berlandaskan Kode Etik Psikologi Indonesia melalui :

1. Peningkatan kontribusi civitas akademika dalam pemberdayaan masyarakat.
2. Penguatan layanan psikologi

Menghasilkan jalinan kerja sama secara profesional dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun nonpemerintah, untuk pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui :

1. Pelaksanaan studi banding dan program pertukaran mahasiswa
2. Pelibatan mahasiswa dalam lembaga psikologi
3. Pemberian layanan psikologi terhadap lembaga pemerintah dan non-pemerintah
4. Sosialisasi program pendidikan psikologi dan kompetensi alumni
5. Pelaksanaan studi banding dan program pertukaran dosen