Universitas Negeri Makassar menggelar Workshop Kiat Mempertahankan Akreditasi UNM yang Unggul Menuju World Class University dengan menghadirkan narasumber Direktur Pembinaan Kelembagaan Kemenristek Dikti Dr. Totok Prasetyo, B.Eng., MT dan  Muh. Dian Indra, SH., MH. di Ruang Rapat Rektorat Lantai 7 Menara Pinisi, Rabu (2/8).

Totok menuturkan bahwa dari 1.122 perguruan tinggi yang tercatat akreditasinya di BAN-PT baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta hanya 54 yang berakreditasi A, salah satunya UNM.

Ia mengungkapkan ada tiga pilar utama dalam mempertahankan apa yang telah dicapai, yakni kepemimpinan yang luar biasa, komitmen dari semua pihak, dan sistem yang terintegrasi.”Ketiga hal tersebut merupakan indikator mempertahankan atau meningkatkan reputasi serta meningkatkan kegiatan, pelayanan, maupun kerjasama”, ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam mengatakan menghadirkan dua narasumber hari ini merupakan hal yang tepat untuk memberikan kiat-kiat untuk mempertahankan apa yang telah diraih dengan memberikan konsep-konsep atau hal-hal yang harus dilakukan.

Ia melanjutkan, akreditasi yang telah diraih merupakan hasil kerja keras dari seluruh sivitas akademjka yang tanpa henti terus berusaha bekerja maksimal.

Berbagai upaya yang telah dilakukan termasuk melakukan kerja sama penandatanganan MoU antarlembaga, instansi baik didalam negeri maupun di luar negeri dengan tujuan membawa UNM menuju world class university.